Kamis, 13 November 2008

"New York Times" Palsu Laporkan Berakhirnya Perang Irak

NEW YORK, KAMIS — Edisi palsu koran terkemuka AS, New York Times, melaporkan berakhirnya perang Irak. Koran itu menarik perhatian para penumpang komuter di AS.

Lebih dari 1 juta eksemplar koran setebal 14 halaman itu diklaim sebagai edisi khusus dan sebagian besar dibagikan di New York dan Los Angeles. Materi lain yang dilaporkan tentang kesehatan gratis bagi semua rakyat Amerika.

Sebuah kelompok liberal menamakan diri Yes Men, dikenal luas di AS dengan lelucon-leluconnya, menyatakan bertanggung jawab atas beredarnya koran palsu tersebut.

Koran menghebohkan itu tertanggal 4 Juli 2009 dan memajang moto di halaman muka tertulis "kami berharap mencetak semua berita". Di sana juga dipajang tampilan situs yang terlihat mirip dengan situs resmi New York Times.

Beredarnya koran itu mengejutkan para penumpang komuter. Banyak di antaranya mengambil koran itu karena dianggap koran asli. Belakangan, Yes Men menyatakan bertanggung jawab.

"Operasi ini direncanakan enam bulan, sebanyak 1,2 juta dicetak di enam perusahaan penerbitan berbeda," bunyi pernyataan Yes Men. Ribuan sukarelawan membantu mendistribusikan koran palsu tersebut.

Juru bicara New York Times, Catherine Mathis, menegaskan, "Ini benar-benar koran palsu The Times. Kami sedang menyelidiki hal ini."


Sumber : 
http://www.kompas.com/read/xml/2008/11/13/08353411/new.york.times.palsu.laporkan.berakhirnya.perang.irak